Ada beragam cara cara membuatnya diantaranya dengan menggunakan animasi tween. Tapi pada tutorial ini kita akan menggunakan actionscript untuk membuatnya.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi berkode #0000333. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 | //membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh _root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1); //mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5 width = Stage.width*2.5; with (jatuh) { //membuat garis lineStyle(1, 0xFFFFFF, 100); lineTo(2, 10); } //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250 for (i=0; i<50; i++) { //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+i duplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i); //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage _root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width); //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage _root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height); //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10 _root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10; //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20 _root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20; } onEnterFrame = function () { //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250 for (i=0; i<50; i++) { //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan _root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan; //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4 _root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4; //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stage if (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) { //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2 _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; //posisi y garis hujan berada di koordinat 0 _root["garis_hujan"+i]._y = 0; } //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stage if (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) { //posisi y garis hujan berada di koordinat 0 _root["garis_hujan"+i]._y = 0; //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2 _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2; } } }; |
warungflash.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar